English French German  Hungarian Spain Italian Nederland Russian Brazilian Japanese Korean  Vietnamese Arabic Chinese Turkish Hindi Bosnian Filipino Greek Indonesian
Facebook Twitter Pinterest Stumb Linked Friends Delicious Bebo Friendfeed Myspace Plurk Multiply Digg
Squidoo Technorati Gmail Yahoo Youtube Amazon Wikipedia Vimeo About Instagram Ask Blogger Ebay

Selasa, 10 Juni 2014

Sejarah Awal terbentuknya Internet


Gb. Route Jaringan Internet
Hai..!  Tahukah kamu apakah yang dimaksud dengan Internet itu?
Internet merupakan akronim dari intercinnection-networking.
Internet adalah jaringan komputer yang tersebar di seluruh dunia dihubungkan dengan menggunakan standar sistem global TCP/IP suite (Transmission Control Protocol/Intrnet Protocol).  TPC/IP suite berfungsi  sebagai  protokol  pertukaran paket (packet switching communication protocol) dan bertujuan untuk melayani  miliaran pengguna (User) di seluruh dunia.


Tahukah kamu bagaimana awalnya Internet itu ada?
Pada tahun 1969 Departemen Pertahanan Amerika Serikat membentuk jaringan komputer (Internet) melalui proyek yang diberi nama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Melalui proyek inilah mereka meneliti bagaimana dan sampai dimana pengaruh hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, dapat melalukan komunikasi jarak yang sangat jauh melalui saluran telepon. Proyek ARPANET tersebut merancang jaringan internet untuk menguji kehandalan dan seberapa besar informasi dapat dipindahkan. Aturan atau kaidah yang ditentukan dalam jaringan tersebut inilah yang menjadi cikal bakal pembangunan protokol yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP.
Pada awalnya pembangunan proyek ini masih bersifat rahasia yaitu hanya untuk keperluan militer, terutama untuk menghindari terjadinya informasi yang terpusat. Dengan sistem jaringan seperti ini informasi dapat tersebar ke berbagai tempat dengan mudah dan cepat. Sehingga jika terjadi perang nuklir informasi penting dan tempat-tempat vital tidak mudah dihancurkan.
Pada mulanya tahun 1969 ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah. Kemudian 3 (tiga) tahun berikutnya tepatnya bulan Oktober tahun 1972, proyek ARPANET mulai diperkenalkan ke publik. Sehingga tak lama kemudian proyek ini dikenal dan berkembang dengan pesat di seluruh daerah, termasuk seluruh universitas yang berada di Amerika Serikat ingin bergabung dengan proyek ini.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan itu akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Sumber :  Wikipedia
Posting Komentar