English French German  Hungarian Spain Italian Nederland Russian Brazilian Japanese Korean  Vietnamese Arabic Chinese Turkish Hindi Bosnian Filipino Greek Indonesian
Facebook Twitter Pinterest Stumb Linked Friends Delicious Bebo Friendfeed Myspace Plurk Multiply Digg
Squidoo Technorati Gmail Yahoo Youtube Amazon Wikipedia Vimeo About Instagram Ask Blogger Ebay

Jumat, 31 Maret 2017

Membuat Border Halaman

Sobat Pengunjung seperti janji penulis kemarin, kali ini penulis memposting pengalaman menyelesaikan Tugas Project Work 1 yaitu Membuat Desain Border untuk Sampul, Sertifikat, Undangan dan Lain-lain. Dengan menggunakan CorelDraw yang penulis miliki yaitu CorelDraw 12.

Langkahnya adalah sebagai berikut:

Membuat  Persegipanjang ukuran 1:2
Membuat lingkaran dengan cara pilih Ellipse Tool atau tekan tombol  F7. Pada daerah lembar kerja membuat lingkaran sambil menekan tombol  Ctrl. Merubah ukuran line ke 0,001. Merubah warna line menjadi merah (red). Besar lingkaran disesuaikan dengan kebutuhan seperti gambar (3).







Mengcopy-paste lingkaran pertama mendaji lingkaran berikutnya. Besar lingkaran dan letaknya disesuaikan dengan kebutuhan. Sehingga hasilnya seperti gambar (4).
Selanjutnya melalukan pengeditan obyek gambar (2) secara berurutan dari gambar (5) sampai dengan gambar (7).

Langkah berikutnya mengcopy-paste obyek hasil seperti gmbar (7) menjadi gambar (8), kemudian paste lagi kemudian seperti gambar (8) di balik dengan perintah Mirror Buttoms dan di gandengkan menjadi seperti gambar (9). Obyek dan hasil cerminannya seperti gambar (9) tersebut oleh penulis dijadikan Obyek Utama dari desain border.
Langkah berikutnya adalah menambahkan obyek baru yang sederhana pada obyek 1. Dengan langkah seperti langkah gambar (2) sampai dengan gambar (7). Yang disusun sedemikian rupa seperti gambar (10).
Berikutnnya membuat background dan menambahkan lingkaran di tengahnya yang hasilnya seperti gambar (12) berikut ini.




Selanjutnya Garis tepi persegipanjang dihapus (Delete) seperti gambar (13)

Selanjutnya membuat desain sudut border dengan cara mengabungkan dua obyek salah satunya diputar 90o lalu dilakukan pengeditan seperlunya sehingga tampak seperti gambar (14).
Setelah desain diatas selesai maka langkah berikutnya menyatukan semua obyek pada masing-masing desain dengan cara Blok semua obyek lalu pilih Tool Group pada Property Bar atau cukup menekan tombol   Ctrl+G.
Langkah terakhir pembuatan desain adalah membuat desain tepi kiri, tepi kanan, tepi bawah dan sudut kanan atas, kiri bawah dan kanan bawah dengan copy paste kemudian memutar atau membalik sehingga diperoleh desain seperti gambar berikut ini.
 


Posting Komentar